Kesadaran Masyarakat Tentang Manfaat DPL (Daerah Perlindungan Laut) di Sulawesi Utara Masih Tetap Terjaga


Oleh: Fakhrizal Setiawan

DPL Desa Blongko

DPL Desa Blongko

Meski sudah 5 tahun proyek Pesisir berakhir namun masyarakat binaan di lokasi Bentenan, Tumbak dan Talise masih menerapkan pola-pola yang sama dalam menjaga Daerah Perlindungan Lautnya masing-masing.

Proyek pesisir atau CRMP (Costal Resources Management Project) merupakan proyek kerjasama antara USAID dengan pemerintah Indonesia yang berlangsung semenjak tahun 1997 dan berakhir ditahun 2001. Lokasi proyek ini tersebar di tiga propinsi yaitu Sulawesi Utara, Lampung dan Kalimantan Timur. Di Sulawesi Utara sendiri proyek ini melakukan kegiatan di tiga lokasi yaitu di Desa Bentenan-Tumbak, Blongko dan Talise. Namun setelah pemekaran kabupaten yang dahulunya Minahasa menjadi 4 kabupaten yaitu Kab.Minahasa Induk, Kab. Minahasa Selatan, Kab. Minahasa Tenggara dan Kab. Minahasa Utara, lokasi Desa turut terpecah pula.

Desa Talise sekarang berada di Kab. Minahasa Utara, Desa Blongko di Kab. Minahasa Selatan dan  Desa bentenan dan tumbak di Minahasa tenggara. Tiap-tiap desa pun sekarang mengalami pemekaran yaitu di Desa Bentenan-Tumbak menjadi  Desa Bentenan, Bentenan Indah dan Desa Tumbak serta Desa Talise menjadi tiga desa yaitu Desa Tambun, Desa Talise dan Desa Kinobutan.

Masyarakat yang ditemui dibeberapa bekas lokasi proyek mengakui akan manfaat DPL (Daerah Perlindungan Laut)yang dahulu sempat aktif. “meski sekarang tim pengelola sudah bubar, masyarakat masih mematuhi aturan-aturan seperti tidak menangkap ikan di lokasi DPL” ujar Mochtar Selaku Kepala Hukum Tua yang sekaligus mantan ketua kelompok pengelola DPL  Tumbak.  Proses-proses yang dahulu berjalan di DPL yang tertuang dalam peraturan desa sekarang sudah tidak berlaku lagi dikarenakan  proses pemekaran.  Perdes tersebut menginduk kedalam Kabupaten Minahasa Selatan dan tidak di adopsi di Minahasa tenggara  dimana desa Bentenan dan Desa tumbak berada. Begitu pula dengan desa Talise, di desa ini setelah proyek pesisir berakhir, kegiatan di DPL di serahkan Ke tim kerja Kabupaten atau disebut KTF (Kabupaten Task Force). Namun setelah pemekaran Menjadi Kabupaten Minahasa utara  semua  kegiatan terputus.

This slideshow requires JavaScript.

Sekarang Desa talise juga mengalami Pemekaran menjadi tiga desa berbeda yaitu desa Tambun, Desa Talise dan Desa Kinobutan dan lokasi DPL berada di Desa Talise. Meskipun sudah tidak ada lagi tim Pengelola DPL di desa talise, masyarakatnya masih sadar akan manfaat DPL. “ nelayan desa kinobutan pernah mejaring di luar zona inti dan mengangkat ikan sampai satu ton” ungkap Verdy Kirauhe selaku Sekdes Desa Talise dan juga mantan Ketua kelompok pengelola DPL Talise. Ini merupakan bukti akan manfaat DPL secara nyata bagi kesejahteraan masyarakat.

Saat ini WCS marine program berencana untuk melakukan usaha-usaha konservasi di lokasi yang sama, dimana kita mencoba mengangkat kembali nilai-nilai kearifan local sebagai suatu usaha dalam menjaga serta melestarikan potensi pesisir dan laut yang ada.

Survey awal yang dilakukan di tiga desa binaan CRMP yaitu Desa Talise, Bentenan dan Tumbak mendapatkan masukan yang cukup berarti dimana masyarakat disana masih sadar untuk tidak menangkap di daerah DPL bentukan CRMP, meski sudah tidak ada pengawasan. Survey awal ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai potensi, keadaan serta perkembangan hingga saat ini. Hasil yang didapat akan dijadikan bahan acuan serta evaluasi kedepannya. WCS marine program baru memulai kegiatannya di Sulawesi Utara dimana membawa misi melestarikan satwa serta habitatnya serta mendukung pengelolaan sumber daya alam baik yang dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah. Diharapkan dapat terjadi sebuah kolaborasi bersama dalam menyelamatkan spesies serta ekosistemnya di sini.

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. itox dragon
    Mar 12, 2012 @ 22:46:06

    mantab mas…aku kebetulan PKL disana nih..jadi sangat bermanfaat nih infonya…kalo ada info lebih.mungkin bisa dibagikan ke saya..heheeh

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: